Catatan Asep Sofyan

bahaya Merokok

1. Bahaya higienis dan bahaya psikologis.
    secara pasti dan tidak dapat diragukan lagi, para dokter telah menetapkan merokok dapat menyebabkan penyakit TBC,kanker paru-paru, melemahnya ingatan,mengurangi nafsu makan, memucatkan wajah, mengunungkan gigi, menyumbat pernafasan, melemahnya urat-urat syaraf, menurunkan daya tahan tubuh. dan sebagainya.
secara umum, merokok dapat menyimpangkan akhlak, melemahkan semangat, serta dapat membiasakan kehidupan manusia dengan bermalas-malasan dan santai
dengan demikian kebiasaan merokok dapat mengakibatkan kerusakan-kerusakan pada paru-paru yang berkepanjangan, seperti peradangan pada rongga dan pembengakakan pada paru-paru, asma dan TBC.

2. Bahaya ekonomis.
   Jika seseorang mempunyai income terbatas dalam setiap harinya harus mengeluarkan seper-empat dari incomenya itu untuk merokok. maka sudah tentu hal ini merupakan pemborosan uang secara sia-sia dan dapat menghancurkan rumah tangga seseorang. sebab perokok ini telah mengurangi biaya makan dan keluarganyauntuk membeli rokok. bisa saja ia menyimpang dijalan kebenaran seperti : mencuri dan menyuap, dalam upaya mendapatkan rokok itu.

peringatan2 syari tentang rokok,
Rasulullah SAW bersabda :
" Tidak boleh membahayakan (diri sendiri) dan tidak boleh juga membahayakn (orang lain)"
(H.R Imam Malik dan Ibnu Majah)
Allah SWT berfirman :
"Dan janganlah kamu membunuh dirimu sendiri, sesungguhnya Allah maha penyayang kepadamu."
(Q.S An-Nissa : 29)

Bagi kalangan berfikir dan berperasaan sehat, merokok termasuk kedalam urusan yang paling buruk, karena sangat berbahaya terhadap jasmani, dan dapat menyebabkan bau busuk pada mulut. sedangkan Allah telah mengahalalkan segala kebaikan bagi manusia, dan Allah juga sangat mengharamkan segala sesuatu yang buruk untuk menjaga kesehatan jasmaninya, keselamatan akhlak dan fikirannya. maka Allah akan menampilkan kepadanya dengan penampilan yang indah dan menyenangkan di masyarakat.

" . . . . . Allah menghalalkan bagi mereka sesuatu yang baik, dan mengharamkan bagi mereka segala sesuatu yang buruk . . . . . . "
(Q.S Al-Araf :157)

Selanjutnya merokok juga dapat melemahkan otak dan badan. hal ini dirasakan oleh orang-orang yang berani mencoba-coba merokok dan secara perlahan-lahan menjadi kebiasaannya. lebih-lebih perokok itu merokoknya secara ber lebihan..... walah....!!!!

Cara penanggulangannya...!!!!

Penanggulangan yang pertama dipikul kepada negara melalui media masa, surat kabar, majalah-majalah, siaran-siaran radio dan TV yang tersebar dimana-mana, yang melarang merokok dan terus menerus memberikan penerangan tentang besarnya bahaya kepada para pemuda dan masyarakat luas, tentang bahaya merokok. kemudian meminta bantuan kepada orang-orang yang berpengalaman, para ahli, pemikir, dan penulis. disamping itu hendaknya pemerintah menaikan harga dan pajak rokok, kemudian melarangnya merokok secara keseluruhan ditempat-tempat umum dan ramai.
Pelaksanaan seperti ini merupakan suatu langkah prodik yang pada akhirnya diadakan larangan secara total, seperti yang dilakukan dinegara2 lain.

kemudian kepada kaum dewasa yang sudah terbiasa dengan merokok, hendaknya selalu ingat dan takut kepada Allah SWT, sehingga mereka menjauhi segala Hal2 yang haran termasuk merokok., hendaknya ia mempunyai tekad yang kuat untuk melawan hawa nafsunya.

sedangkan anak2 yang sudah terbiasa merokok dan melakukan hal-hal negatif, itu bisa disebabkan karena kurangnya pengawasan dari para pendidik dan keluarganya, mereka akan menjadi bahaya karena kehidupannya akan terancam oleh diri sendiri dan masyarakat (orang lain)

oleh karena itu tugas para pendidik dan orang tua disini adalah memperhatikan dan mengendalikan tingkah lakunya, gerak-gerik anak dan meluruskan penyimpangan.
sudah tentu jika semenjak kecil anak sedah terbiasa merokok, maka sedikit demi sedikit ia akan melakukan keburukan, kerusakan dan penyimpangan yang lebih jauh lagi., sebab merokok merupakan suatu jalan menuju kekejian dan kemungkaran.

so . . . jangan Merokok. . . . .

thk : Sofyan Assyiefa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Spanduk Idul Adha

Fiqih Shalat Witir (Bag. 2)

6 Tips Agar Buah Hati Senang Menghafal Al-Quran